Thursday, April 19, 2007

ROKOK

Dapet satu artikel yang lumayan menarik nih tentang merokok.

Saya kutip ya:

Ada tiga ciri "keunggulan" perokok aktif. Pertama, mereka tak pernah tua. Kedua, rumahnya tak pernah kemasukan maling. Ketiga, mereka disayang dokter.

Benarkah? Jangan percaya dulu. Ungkapan itu hanya sekedar joke yang mengolok para perokok aktif. Mereka (para perokok) tidak pernah tua karena keburu mati muda. Rumahnya tidak pernah kemalingan karena sepanjang malam batuk terus. Dan disayang dokter karena mereka kerap sekali berobat. hihihi..kirain beneran tadi..

Penelitian Doll dan Hill yang dilanjutkan Doll dan Petto menyimpulkan bahwa kebiasaan merokok berhubungan dengan sekitar 25 penyakit di tubuh manusia, dari kanker paru hingga impotensi. Setengah jumlah perokok akan meninggal karena rokok. apa itu termasuk gara2 rebutan rokok terus dia sampe kepejet2 dan akhirnya mati..hihihi sadis banget..

Walaupun cuma setengahnya, tapi itu kan banyak juga dan seharusnya itu bisa ngebuat beberapa orang sadar dan berhenti merokok ya..tapi itu kayanya ga mungkin deh..apalagi kalo yang udah candu banget..

Setengah dari jumlah itu meninggal pada usia pertengahan. Rata2 perokok akan kehilangan 20 sampai 25 tahun umurnya gila bener.. akibat merokok.

Paparan tembakau mengakibatkan 70 persen kematian karena penyakit paru kronik, bronkhitis kronik, dan emfisema. Sebanyak 40 persen disebabkan oleh stroke, dan 90 persen disebabkan oleh kanker paru. gila..serem banget sih akibat dari "tembakau"

Selain itu, perokok aktif juga beresiko dua kali lipat untuk terkena sklerosis kompleks (MS) apaan tuh..kagak ngarti..beginilah nasib ngutip perkataan orang , suatu penyakit yang menghancurkan protein (myelin) apalagi nih..yang menyelimuti serabut saraf. Gejala MS berupa timbulnya berbagai keluhan nyeri, lalu kesulitan berjalan waduh dan menelan makanan waduh waduh , serta masalah penglihatan waduh waduh waduh !!! . Penyakit ini menyerang mereka yang berusia 20-50 tahun-an. Penyakit yang paling umum menyerang para perokok, selain masalah kardiovaskular, apaan lagi nih , adalah serangan jantung, nyeri dada, dan meningkatkan risiko terkena asma. Menurut para ahli, rokok menyerang sistem kekebalan dan membuat manusia rentan terhadap infeksi, terutama yang menyerang tenggorokan. Inilah yang memicu permasalahan pada sistem saraf.

DAN yang jarang diketahui orang, bagian yang ini bener banget nih rokok adalah "GERBANG NARKOBA" karena orang2 yang merokok mempunyai risiko yang lebih besar untuk mencoba zat adiktif lain yang lebih keras.

Jadi tips paling baik agar terhindar dari bahaya penyakit akibat merokok dan narkoba adalah background musiknya suara drum ..hehehe.. "SEGERALAH BERHENTI MEROKOK SELAMA-LAMANYA !!!"

Easy for me to say, but i know is not that easy to quit smoking. But, there's no harm to try right !!

No comments: